4/29/2009

ada Jajanan Bandung di sini

Kemarin habis datang dari suatu tempat aku sam Des pergi beli bubur ayam. trus di samping gerobak bubur ayam ada gerobak tulisannya "Cimol Bandung", heran aja liat pamannya goreng kaya tahu bulat-bulat kecil. untuk menjawab penasaran aku kutanyain sama pamannya, "apa itu cimol paman?". eh yang ngejawab malah bosnya paman jual bubur. "Cimol enak neng Asli dari aci coba sini makan satu atuh neng"(baca dengan logat Bandung. pamannya heboh dan rese amat aku ga mau dipaksa terus padahal mau nanya aci itu apa sih, karena keadaan seperti itu jadi ga jadi deh. Trus Des beli cimol, kutanyain dia apa sih aci itu? jawabnya "aci itu jajanan khas Bandung ka".
Pas dimakan rasanya lucu agak empuk tapi ga empuk beneran (haduh gimana sih) kaya tepung gitu hihihi.
Setelah nanya sam om google, kutemuin deh tentang "aci". Jadi aci merupakan salah satu jenis jajanan khas kota Bandung. Jenis kue aci ada cireng (aci goreng) dan cilok(aci dicolok) yaitu aci yang direbus kemudian dimakan dengan bumbu kacang pedas atau kerennya kaya film BCL yaitu saus kacang. kalo cilok waktu SD aku sering beli. Aci goreng juga biasa disajikan dengan saus sambal, sambel kacang, atau kecap cabai rawit.Untuk memikat para konsumen, cireng sekarang dijual dengan aneka rasa diantaranya rasa keju, rasa coklat,rasa kacang, dsb.
aci itu sendiri terbuat dari tepung aci, yaitu campuran dari tepung terigu dan tepung kanji dengan proses pembuatan yang cukup mudah.
Jadi ga perlu lagi deh pergi jauh-jauh ke kotanya buat nyicipin makanan khas daerah tersebut. selain kue aci, aku baru-baru ini juga nemuin orang jual kerak telor khas betawi. sekian cerita kuliner aku hari ini.

0 Comments: