4/29/2009

kenyataan bukan akhir dunia


jika ternyata itu terjadi padaku
maka jangan kau temani aku
jika waktu itu sampai
maka aku akan menghilang
tak perlu kau mencari
tak perlu kau meresahkanku
karena aku tau apa yang harus aku lakukan

kecuali jika kau berpendapat lain
maka temani aku di sisa hidupku
dengan senyuman
dongengkan aku tentang laut, hutan dan gunung
jangan kau keluarkan air mata
tetaplah kau jadi dirimu
berikan aku akhir cerita yang menyenangkan

janjimu padaku, pesanku padamu yang tak perlu kau tepati
yang kumau adalah kebahagiaanmu dan diriku
semangat hidupmu adalah senyumanku yang kuwariskan padamu

menjadi orang yang ikhlas, menerima kenyataan yang tidak sejalan dengan gambaran yang telah kita buat. Sifat egois yang menempel erat di diri sulit untuk dihilangkan, untuk menjauhkannya hanya dengan berusaha, berusaha dan berusaha. Percaya dengan Kehendak dan KekuasaanNya

Kacang Lupa Kulitnya


Pertama kali kau hadir
kau langsung meneriakkan suaramu
kau guncang kesunyian dan ketenangan alam
kau tunjukkan dirimu

suaramu yang lantang adalah perjanjian awalmu dengan bumi
apakah kau akan membuat bumi menangis atau bahagia

saat kau mulai bisa berpolitik
kau melupakan janjimu
untuk apa kau ada

saat kau benar-benar menjadi orang
apakah yang kau lakukan?
semua rasa kau coba

Saat tubuhmu mulai menjadi tanah
kau mulai teringat
kadang kau menyesal
kadang kau menangis

best regards: Rey dan Dc

Kisah Manusia


Manusia, memang sulit ditebak. Hari ini bisa bahagia, senangnya bukan main. Namun, esok harinya bisa berubah 180 derajat dan sebaliknya. Tak satupun yang tau apa yang akan terjadi esok. Kita hanya bisa meliat masa lalu, untuk hari yang kita hadapi tergantung dari yang kita ciptakan.
Sesungguhnya semuanya sudah tercatat di garis kehidupan kita.

Semua orang punya mimpi, punya harapan, dan rencana.
Semuanya bisa diperoleh dengan mudah, melewati jalur-jalur, atau bahkan hanya sekedar bayangan. Tapi kembali lagi, semuanya adalah hasil dari yang kita lakukan dan apabila hasilnya tak sesuai berarti itulah yang terbaik. Dibalik semua itu ada hikmah yang bisa dipetik pelajaran atau malah sebagai cobaan.

ada Jajanan Bandung di sini

Kemarin habis datang dari suatu tempat aku sam Des pergi beli bubur ayam. trus di samping gerobak bubur ayam ada gerobak tulisannya "Cimol Bandung", heran aja liat pamannya goreng kaya tahu bulat-bulat kecil. untuk menjawab penasaran aku kutanyain sama pamannya, "apa itu cimol paman?". eh yang ngejawab malah bosnya paman jual bubur. "Cimol enak neng Asli dari aci coba sini makan satu atuh neng"(baca dengan logat Bandung. pamannya heboh dan rese amat aku ga mau dipaksa terus padahal mau nanya aci itu apa sih, karena keadaan seperti itu jadi ga jadi deh. Trus Des beli cimol, kutanyain dia apa sih aci itu? jawabnya "aci itu jajanan khas Bandung ka".
Pas dimakan rasanya lucu agak empuk tapi ga empuk beneran (haduh gimana sih) kaya tepung gitu hihihi.
Setelah nanya sam om google, kutemuin deh tentang "aci". Jadi aci merupakan salah satu jenis jajanan khas kota Bandung. Jenis kue aci ada cireng (aci goreng) dan cilok(aci dicolok) yaitu aci yang direbus kemudian dimakan dengan bumbu kacang pedas atau kerennya kaya film BCL yaitu saus kacang. kalo cilok waktu SD aku sering beli. Aci goreng juga biasa disajikan dengan saus sambal, sambel kacang, atau kecap cabai rawit.Untuk memikat para konsumen, cireng sekarang dijual dengan aneka rasa diantaranya rasa keju, rasa coklat,rasa kacang, dsb.
aci itu sendiri terbuat dari tepung aci, yaitu campuran dari tepung terigu dan tepung kanji dengan proses pembuatan yang cukup mudah.
Jadi ga perlu lagi deh pergi jauh-jauh ke kotanya buat nyicipin makanan khas daerah tersebut. selain kue aci, aku baru-baru ini juga nemuin orang jual kerak telor khas betawi. sekian cerita kuliner aku hari ini.

4/01/2009

Terkenal yang Bagaimanakah Kita?

" Bertingkahlah aneh, eksentrik, jika kamu ingin dikenal orang" (kearifan masyarakat Arab)

Yup itulah cara yang banyak dilakukan orang untuk dikenal di kalangannya dan masyarakat.
Perasaan dan ekspresi yang timbul pada masing-masing orang beragam ketika melihat seseorang dengan penampilan beda dari yang lain atau sering disebut aneh, unik, nyeleneh. Namun bagi yang memakainya pasti merasa hebat, keren, apalagi yang dipakainya beda dari yang lain trus akhirnya banyak yang ngikutin...Malah tambah bangga lagi dirinya.
Ada dua cara agar seseorang menjadi terkenal dan pusat perhatian. Pertama dengan cara positif, misalnya dengan belajar dan berusaha keras untuk meraih kesuksesan dan yang kedua dengan cara negatif, yang sebenarnya bisa membahayakan diri sendiri. Misalnya dengan melakukan kejahatan. Seseorang juga bisa menjadi terkenal dengan memanfaatkan situasi yang menurutnya sangat menguntungkan, itu jika pikirannya sampai ke sana. Misalnya saja kasus Ryan sijagal dari Jombang, awalnya dia dikenal sebagai kriminal masyarakat namun berkat perantara media massa dia bisa mengembangkan sayapnya menjadi artis baru di dunia entertainment dengan kata kunci yang dapat membuat para wartawan datang berbondong-bondong tanpa diminta, yaitu "sebutkan saja nama salah satu artis" hehehee. Otaknya kemudian berputar sehingga dia berhasil meluncurkan sebuah buku tentang Biografi dirinya dan kabar terakhir yang kudengar, dia akan menjadi seorang penyanyi dengan merilis sebuah album (waduh tantangan bagi artis multi talenta yang belum mengarang sebuah buku...:D, massa kalah). Namun sayangnya cara Ryan menjadi terkenal ini bermula dari tindakan kejahatannya.
Contoh yang lebih sederhana lagi. kalau di kelas murid/siswa/mahasiswa yang cepat dikenal di kalangan guru atau dosen adalah dia yang pintar atau yang paling nakal atau yang paling malas sedangkan yang adem ayem susah diingat namanya.

" sifat alamiah manusia adalah ingin dikenal", namun hendaknya berusaha semaksimal mungkin dengan tindakan yang positif dan berikhtiar kepada Allah. Segala bentuk tindakan hendaknya selalu diingat dan disadari akan memberikan konsekuensinya di dunia dan akhirat.
"barang siapa berbuat kebajikan, maka dia akan menuai kebajikan, begitu juga sebaliknya".

April Mop = Peringatan Pembantaian Umat Islam?

Bulan April telah tiba, bulan yang kunanti-nantikan :) tapi bukan karena April mop ya (ga kenal ama si April mop).
Ngomong-ngomong tentang April mop pasti tidak asing lagi di telinga teman-teman. Ga hanya kita, si sponge Bop juga tau. Info tentang ini pun juga mudah kita dapatkan.

April mop adalah hari dimana kita boleh dan sah-sah saja menipu, ngusilin, atau bohongin siapa saja bisa teman, orangtua, saudara, ataupun guru ga pandang bulu dimana sang target atau korban tidak boleh marah apabila dia mengetahui kalo dia telah menjadi sasaran April mop. April mop hanya berlaku pada tanggal 1 April.
Demam April mop juga melanda Indonesia terutama kawula muda yang berada di kota-kota besar bahkan ada yang menganggap merupakan agenda wajib, sehingga jauh-jauh hari sudah direncakan. Bahkan ada yang membentuk klub April mop, banyak perusahaan besar yang mengadakan sayembara pada hari itu (haduh mending buat kebaikan karena menurutku ini sangat keterlaluan), atau jangan-jangan malah ada reality shownya.
Kapan April mop masuk ke Indonesia kita ga tau atau jangan-jangan dari pembaca ada yang tau? Tapi yang jelas karena berasal dari Barat maka tersangka utamanya adalah orang Barat yang masuk ke Indonesia.
Kebudayaan dari dunia Barat sangat cepat menyebar karena sifat orang Indonesia yang suka meniru dan rasa gengsi yang tinggi bahkan ada yang berkiblat sama dunia Barat. Mirisnya, kebiasaan itu dilakukan tanpa menyaringnya terlebih dahulu. Orang-orang yang merayakannya beranggapan bahwa April mop merupakan salah satu cara untuk mempererat persahabat, mengakrabkan diri di masyarakat dan sejenisnya karena diakhiri dengan kegembiraan dan kepuasan. Padahal kan masih banyak cara lain yang lebih baik.
Selain itu, sedikit sekali orang-orang yang merayakannya mengenal sejarah April mop itu sendiri.
Perayaan April mop yang merupakan hari kejahilan seluruh dunia dan kebanggan mereka yang merayakan, sebenarnya berawal dari satu tragedi besar yang sangat tragis dan menyedihkan terutama umat Islam.
April mop berawal dari sejarah muslim Spanyol tahun 1487/892 H. Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh panglima Thariq bin Ziyad, spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negri yang makmur. Karena sikap para penguasa Islam begitu baik dan rendah hati, maka banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Tidak hanya beragama Islam tapi juga sungguh-sungguh menjalankan ajaran Islam yang dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.
Namun, kaum kafir yang ada tidak berdiam diri saja melihat keadaan seperti itu. Mereka tak kenal lelah berusaha membersihkan Islam dari spanyol tetapi selalu gagal. Suatu hari dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mencari kelemahan umat Islam tersebut. Akhirnya ditemukanlah cara untuk menaklukkan Islam di Spanyol, yakni melemahkan iman mereka dulu dengan jalan serangan pemikiran dan budaya (hmm...Sampai sekarang taktik itu masih berlaku dan selalu berhasil terutama di Indonesia yang terbukti jelas). Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirim alkohol dan rokok secara gratis ke wilayah Spanyol, musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari ketimbang membaca alQur'an, dan mengirim sejumlah ulama palsu yang kerjanya memecah belah Islam.
Akhirnya Spanyol jatuh dan dikuasai pasukan salib. Penyerangan dilakukan dengan kejam, tidak hanya pasukan Islam yang dibantai tapi seluruh penduduk dihabisi dengan sadis. Satu persatu daerah di Spanyol jatuh dan daerah Granada adalah kota terakhir yang ditaklukkan.
Ketika jalanan sudah sepi yang bergelimpangan mayat dan umat Islam lainnya bersembunyi, dengan lantang tentara Salib itu meneriakkan pengumuman bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar dari Spanyol. "kapal-kapal yang akan membawa kalian sudah kami persiapkan di pelabuhan. Kami menjamin keselamatan kalian jika ingin keluar dari Spanyol, setelah ini kami tidk lagi memberikan jaminan!" kata tentara Salib.
Awalnya orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini, namun setelah bererapa orang Islam diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal tersebut maka mereka keluar dan menuju kapal tersebut. Sedangkan mereka yang tidak percaya, masih bertahan di tempat persembunyian.
Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul, dengan cepat tentara Salib menggeledah rumah penduduk dan membakarnya bersama orang-orang Islam yang masih bersembunyi di dalamnya. Sedangkan ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan hanya bisa terpana ketika melihat tentara Salib juga membakari kapal-kapal yang dijanjikan tersebut. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam dan ribuan umat Islam tidak dapat berbuat apa-apa karena telah dikepung dengan pedang yang terhunus.
Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara Salib itu segera membantai dan menghabis umat Islam Spanyol tanpa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana.
Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia sebagai April Mop (The Aprils Fool Day). Jadi apabila ada yang ikut perayaan April mop berarti dia ikut merayakan kemenangan tentara Salit terhadap pembantaian saudara Muslimnya sendiri di Spanyol.
So setelah tau sejarah dibalik April mop apakah masih ingin merayakannya dan hanya menganggap sekedar keisengan saja sambil tersenyum bangga?

Sumber: buku Valentine Day, Natal,Happy New Year, April mop, Hallowen. So What?/ Rizki Ridyasmara. Pustaka Al-kautsar